Sabtu, 20 April 2013

ciri-ciri evaluasi



BAB I
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG MASALAH
Tidak semua orang menyadari bahwa setiap saat kita selalu melakukan pekerjaan evaluasi. Dalam beberapa kegiatan sehari-hari, kita jelas-jelas mengadakan pengukuran dan penilaian
Dari kalimat diatas kita sudah menemui tiga buah istilah yaitu : evaluasi, pengukuran, dan penilaian. Kebanyakan orang cenderung mengartikan ketiga kata tersebut sebagai suatu pengartian yang sama sehingga sama dalam memakainya, hanya saja tergantung dari kata mana yang siap untuk diucapkannya. Akan tetapi sementara orang lain, membedakan ketiga istilah tersebut. Untuk memahami apa persamaan, perbedaan, ataupun hubungan antara ketiganya akan kita bahas dalam makalah ini.













BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Evaluasi
1.         Pengertian Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi
o    Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran. Pengukuran bersifat kuantitatif.
o    Menilai adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. Penilaian bersifat kualitatif.
o    Mengadakan evaluasi meliputi kedua langkah diatas yakni mengukur dan menilai.
2.         Penilaian Pendidikan
Menurut pengertian lama, pencapaian tujuan pembelajaran yang berupa prestasi belajar, merupakan hasil dari kegiatan belajar-mengajar semata. Dengan kata lain, kualitas kegiatan belajar-mengajar adalah satu-satunya faktor penentu bagi hasilnya.
Apabila sekolah diumpamakan sebagai tempat mengolah sesuatu dan calon siswa diumpamakan sebagai bahan mentah maka lulusan dari sekolah itu dapat disamakan dengan hasil olahan yang sudah siap digunakan. Dalam inovasi yang menggunakan teknologi maka tempat pengolahan ini disebut transformasi.
Keterangan :
Ø  Input Adalah bahan mentah yang dimasukkan ke dalam transformasi. Yang dimaksud bahan mentah adalah calon siswa yang baru akan memasuki sekolah.
Ø  Output Adalah bahan jadi yang dihasilkan oleh transformasi. Yang dimaksud bahan jadi adalah siswa lulusan sekolah yang bersangkutan.
Ø  Transformasi Adalah mesin yang bertugas mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi. Dalam dunia sekolah, sekolah itulah yang dimaksud dengan transformasi.
Unsur-unsur yang berfungsi sebagai faktor penentu dalam kegiatan sekolah tersebut antara lain :
o    Siswa
o    Guru dan personal lainnya
o    Bahan pelajaran
o    Metode mengajar dan sistem evalusi
o    Sarana penunjang
o    Sistem administrasi
Ø  Umpan balik (feed beck) Adalah segala informasi baik yang menyangkut output maupun transformasi. Umpan balik ini diperlukan sekali untuk memperbaiki input maupun transformasi.
B.       Ciri Penilaian atau evaluasi dalam Pembelajaran
Ciri pertama dari penilaian dalam Pembelajaran, yaitu bahwa penilaian dilakukan secara tidak langsung.
Adapun rincian dari aspek-aspek atau indikator iteligensi dimaksud adalah sebagai berikut:
1.        Kemampuan varbal yang meliputi : 
·           Analisis linguistik
·           Mengenal kembali dan mengingat
·           Memahami dan menciptakan kelucuan atau humor
·           Menjelaskan sesuatu dalam proses belajar mengajar
·           Meyakinkan seseorang agar bersedia melakukan sesuatu
·           Memahami perintah dengan tepat
2.         Kemampuan mengamati dan rasa ruang, meliputi :
·           Khayalan
·           Menyusun kerangka fikir
·           Menemukan jalan dalam konsep ruang
·           Memanipulasi imajinasi
·           Menginterpretasikan grafik/bagian/model
·           Mengenal hubungan objek dalam ruang
·           Memiliki persepsi yang cermat melalui berbagai sudut pandangan
3.         Kemampuan gerak kinetis-fisik, meliputi
·           Mengtur/mengelola gerak refleks
·           Mengatur/mengelola gerak terencana
·           Memperluas kesadaran melalui tubuh
·           Peduli hubungan antar bagian tubuh
·           Meningkatkan fungsi tubuh
4.         Kemampuan logika/matematika, meliputi :
·           Pengenalan pola-pola abstraksi
·           Pertimbangan induktif
·           Pertimbangan deduktif
·           Cerdas dalam menangkap hubungan dan kaitan
·           Menyelesaikan kalkulasi kompleks
·           Pertimbangan ilmiah
5.         Kemampuan dalam hubungan intra-personal, meliputi :
·           Konsentrasi dalam berfikir
·           Keberhati-hatian
·           Melakukan meta kognisi
·           Kesadaran dan ekspresi berbagai perasaan
·           Kesadaran atas dirinya
·           Tingkat pemikiran-penalaran
6.         Kemampuan dalam musik/irama, meliputi :
·           Struktur musik
·           Skematis dalam mendengarkan musik
·           Sensitif terhadap suara
·           Kreatif dalam melodi dan irama
·           Sensitif dalam nada
Ciri kedua dari penilaian Pembelajaran, yaitu penggunaan pengukuran kuantitatif. Penilaian pendidikan bersifat kuantitatif  artinya menggunakan simbol bilangan sebagai hasil pertama pengukuran.setelah itu lalu diinterprestikan ke bentuk kualitatif.
Ciri ketiga dari penilaian Pembelajaran, yaitu bahwa penilaian pendidikan menggunakan unit-unit atau satuan-satuan yang tetap karena IQ 105 termasuk anak normal. Anak lain yang hasil pengukuran IQ nya 80, menurut unit ukurannya termasuk anak dungu.
Ciri keempat dari penilaian Pembelajaran adalah bersifat relatif artinya tidak sama atau tidak selalu tetap dari satu waktu ke waktu yang lain.
Ciri kelima dari penilaian Pembelajaran adalah bahwa dalam penilaian pendidikan itu sering terjadi kesalahan-kesalahan. Adapun sumber kesalahan dapat ditinjau dari berbagai faktor yaitu:
o    Terlatak pada alat ukurnya
o    Terletak pada orang yang melakukan penilaian
Hal ini dapat berupa:
ü  Kesalahan pada waktu melakukan penilaian karena faktor subjektif penilai telah berpengaruh pada hasil pengukuran.
ü  Kecenderungan dari penilai untuk memberikan nilai secara ”murah” atau ”mahal”.
ü  Adanya hallo-effect, yakni adanya kesan penilai terhadap siswa.
ü  Adanya pengaruh hasil yang telah diperoleh terdahulu.
ü  Kesalahan yang disebabkan oleh kekeliruan menjumlah angka-angka hasil penelitian.
o    Terletak pada anak yang dinilai
o    Terletak pada situasi dimana penilaian berlangsung

Menurut Sudijono, evaluasi hasil belajar memiliki lima ciri, diataranya :
1.         Bahwa evaluasi yang dilakukan dalam rangka mengukur keberhasilan peserta didik itu dilakukan secara tidak langsung.
2.         Pengukuran dalam rangka menilai keberhsilan beljar peserta didik pada umumnya menggunakan ukuran-ukuran yang bersifat kuantitatif atau lebih sering menggunakan simbol-simbol angka yang kemudian dianalisis melalui metode statistika yang pada akhirnya memberikan interpretasi secra kualitatif.
3.         Kegiatan evaluasi hasil belajar pada umumnya digunakan unit-unit atau satuan-satuan yang tetap (standar baku ukuran evaluasi).
4.         Prestasi yang dicapai oleh peserta didik dari waktu ke waktu adalah bersifat relatif dalam artian bahwa hasil-hasil evaluasi terhadap keberhasil belajar peserta didik itu umumnya tidak sellu menunjukkan kesamaan atau keajegan.
5.         Dalam kegiatan evaluasi belajar sulit dihindari terjadinya kekeliruan pengukuran (error).





















BAB III
KESIMPULAN
1.        Evaluasi yaitu: proses menggambarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi untuk menetapkan apakah dalam kenyataan diri siswa terjadi perubahan dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam pribadi siswa dengan menunjukkan hubungan sebab-akibat.
2.        Ciri-ciri Penilaian dalam Pendidikan yaitu:
ü  Ciri pertama penilaian yaitu dilakukan secara tidak langsung.
ü  Ciri kedua yaitu penggunaan pengukuran kuantitatif.
ü  Ciri ketiga yaitu bahwa penilaian pendidikan menggunakan unit-unit atau satuan-satuan yang tetap karena IQ 105 termasuk anak normal.
ü  Ciri keempat dari penilaian pendidikan adalah bersifat relatif artinya tidak sama atau tidak selalu tetap dari satu waktu ke waktu yang lain.
ü  Ciri kelima dari penilaian pendidikan adalah bahwa dalam penilaian pendidikan itu sering terjadi kesalahan-kesalahan.
3.        Adapun sumber kesalahan dapat ditinjau dari berbagai faktor yaitu:
o    Terlatak pada alat ukurnya
o    Terletak pada orang yang melakukan penilaian
o    Terletak pada anak yang dinilai
o    Terletak pada situasi dimana penilaian berlangsung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar